All New Avanza-Xenia Meluncur Akhir Tahun Ini!

JAKARTA - Awal tahun lalu, KOMPAS.com memberitakan, model terlaris di Indonesia, yaitu Avanza-Xenia, akan mengalami perubahan total dan akan diluncurkan tahun ini. Berita terakhir, keduanya akan diluncurkan di akhir 2011.

Salah satu sumber yang mengetahui betul rencana tersebut mengatakan, "Sudah pasti diluncurkan model total baru, akhir tahun ini.". Sumber lain menambahkan, "Kalau bukan November, bergeser ke Desember."

Selama tahun lalu, informasi yang diterima, All-New Avanza sudah sampai pada tahap tes di sirkuit milik Bridgestone, Karawang, yang dilakukan malam hari. Namun bocoran sosoknya masih mampu dijaga dengan rapat oleh Toyota dan Daihatsu. Sementara kedua pihak, termasuk pimpinan rekayasa dan produk asal Jepang ketika ditanyakan hanya berujar, "Anda bayangkan sendiri modelnya.”

Selama ini, perkiraan sosok baru Avanza dan Xenia diperkirakan dari model-model yang sudah dipasarkan kedua produsen tersebut, di Jepang dan negara lain, yaitu Boon Luminas atau Passo Sette.Di Malaysia disebut Alza (diproduksi oleh Pero Dua).

Avanza-Xenia, produk kolaborasi Toyota-Daihatsu, diproduksi oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dan sebagian kecil di PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN). MPV tujuh penumpang ini menggunakan mesin 1.000 cc, 1.300 cc (Daihatsu) dan 1.300 dan 1.500 cc untuk Toyota.

Pertama kali dilepas ke pasar 2004, MPV ini langsung mencatatkan penjualan tertinggi di Indonesia. Prestasi ini bahkan berlanjut sampai tahun lalu (2010) dengan penjualan kedua merek mencapai 207.700 unit, masing masing Avanza (141.799 unit) dan Xenia (65.901 unit).

Toyota sendiri sampai akhir tahun lalu mengaku, Avanza sudah terjual 500.000 unit. Berdasarkan data yang diperoleh KOMPAS.com., dari 2007–2010, Avanza terjual 389.409 unit dan Xenia 172.289 unit atau total keduanya 561.698 unit.

Diperkirakan produksi kedua merek tersebut sudah mencapai 700.000 unit. Saat ini hanya sebagain produk dengan nama Avanza diekspor ke India, Thailand, dan Malaysia dengan jumlah yang tidak terlalu banyak.

Kepala Pemasaran Domestik ADM Elvina Afny ketika ditanyakan tentang All-New Xenia, hanya berujar, "Pokoknya yang ditunggu-tunggu orang, muncul tahun ini."

sumber: KOMPAS.com


Berita Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar