Honda Brio Mulai Diproduksi Bulan Ini!

Rabu, 8 Juni 2011 | 21:39 WIB

BANGKOK — Model termurah Honda yang dibuat di Thailand, Brio, mulai diproduksi bulan ini setelah dihentikan sementara waktu. Brio yang diluncurkan dalam Bangkok International Motor Show, akhir Maret lalu, pada event tersebut telah menerima 5.000 order.
Kendati demikian, sampai saat ini,calon pembeli belum bisa menerima mobil yang dibelinya. Pasalnya, Honda Automobile Thailand terpaksa menghentikan produksi Brio karena pasokan komponen dari Jepang tergganggu selama April dan Mei lalu. Karena itu pula, Honda sempat tidak mau menerima order selama krisis tersebut.
Akhir bulan lalu, Honda Thailand mengumumkan, produksinya di negara Gajah Putih itu kembali normal September mendatang. Meskipun demikian, dibandingkan dengan kompetitornya, yaitu Toyota, normalisasi Honda tersebut agak terlambat.
Diberitakan pula, produksi model Honda lainnya, seperti City, Civic, Accord, dan CR-V, dikurangi karena
pasokan komponennya terbatas.
80 Persen
Diberitakan, pada Juli depan produksi pabrik Honda di Autthaya Thailand dipekirakan hanya 80 persen. Kondisi normal diperkirakan dicapai l September. Karena itu pula, Atsushi Fujimoto, Presiden Honda Automobile Thailand, mengatakan, produksi Brio baru bisa normal pada bulan tersebut. Brio yang semula ditargetkan bisa terjual 40.000 unit, akan meleset!
Produksi mobil merek Jepang di berbagai negara tergganggu karena sekitar 110 pemasok komponen berada di daerah yang mengalami bencana. Karena itu pula, produksi mobil hibrida Toyota yang dirakit di Thailand, yaitu n Camry dan Prius, juga terganggu. Di negara tersebut, order kedua mobil hibrida tersebut setiap bulannya mencapai 300-1.000 unit.
Saat ini, pabrik Toyota di Thailand mulai berproduksi dengan dua shift. Krisis produksi
diperkirakan sudah bisa bulan ini. Di Thailand, melalui tiga pabriknya, Toyota menghasilkan 550.000 unit mobil per tahun.




Dre@ming Transport___Tautan____

sumber : kompas

Berita Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar