Toyota Bangun Pabrik Kedua di Indonesia

Jumat, 9 September 2011 | 14:29

NAGOYA - Agustus lalu, kedatangan orang nomor satu Toyota Motor Corp, Akio Toyoda ke Indonesia ada hubungannya dengan komitmen investasi jangka panjang. Kini, jawaban itu makin jelas setelah kantor Berita Nikkei, hari ini (9/9) mengabarkan adanya rencana prinsipal menyuntikan dana 30 miliar yen (Rp3,3 triliun) untuk membangun pabrik baru berkapasitas 80.000 unit di Karawang, Jawa Barat.

Mei 2011 lalu, PT Toyota Motors Manufacturing Indonesia (TMMiN) sudah menyatakan telah menyuntikkan dana Rp1,7 triliun untuk menambah jumlah produksi pabrik dari 110.000 unit per tahun menjadi 140.000 unit. Dengan tambahan investasi ini, target Toyota memiliki produksi
200.000 unit per tahun efektif mulai pertengahan 2013.

Toyota berambisi mempertahankan sebagai pemimpin pasar di Indonesia yang diprediksi menjadi negara dengan pasar terbesar di kawasan Asia Tenggara. Tahun lalu, pasar mobil di Indonesia mencapai 750.000 unit, 2011 diprediksi 800.000 unit dan dalam waktu dekat menembus 1 juta unit. Sampai kini, sebagai perusahaan satu induk, Toyota dengan Daihatsu menguasai 60 persen total pasar di Indonesia. Kalau Toyota saja, pangsa pasarnya mencapai 36 persen.

Tiga Model Baru

Dengan penambahan kapasitas produksi, Toyota juga menyiapkan tiga model bergenre sub-kompak baru untuk dirakit di Indonesia. Sedikit spekulasi, hatchback Yaris berpotensi menjadi salah satu model yang dirakit lokal mengingat Thailand saat ini harus memasok kebutuhan Jepang.

Selain itu, duo Etios dan Liva pernah tertangkap kamera tengah di uji coba dan menjadi model potensial untuk pasar Indonesia. Terkait hal ini, sumber internal PT Toyota Astra Motor (TAM) pernah membocorkan ke Kompas.com, produk baru Toyota memang menggunakan platform Etios, tapi sama sekali beda dengan yang dipasarkan di India.

sumber : kompas

Berita Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar